Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

Pada zaman modern seperti saat ini, kata globalisasi merupakan kata yang tidak asing untuk didengar. Globalisasi sendiri memiliki pengertian sebagai suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia. Oleh karena itu, dengan adanya globalisasi memungkinkan adanya pertukaran budaya diantara negara di seluruh penjuru dunia (Fachru Ramadhan, 2010).

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

  1. Pengertian Globalisasi Menurut Achmad Suparman, 2002:57 = Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.
  2. Pengertian Globalisasi Menurut Martin Albrow = Globalisasi adalah seluruh proses dimana penduduk dunia tergabung ke dalam masyarakat dunia tunggal.
  3. Pengertian Globalisasi Menurut Bank Dunia = Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.
  4. Pengertian Globalisasi Menurut Selo Soemardjan = Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalah untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB,OKI
  5. Pengertian Globalisasi Menurut A.G.Mc Grew (1992) globalisasi mengacu pada keseragaman hubungan dan saling keterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan bumi yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan bumi yang lain.

Dampak Positif-Negatif Globalisasi

Globalisasi pada dasarnya dapat membawa dampak positif dan negatif secara bersamaan. Dampak globalisasi yang paling terasa dapat terjadi dalam beberapa aspek yaitu aspek politik, ekonomi dan sosial-budaya.

Baca juga :  Pengertian Musik Tradisional

http://www.kajianteori.web.id/2015/02/pengertian-globalisasi-menurut-ahli.html

Dalam aspek politik, dampak positifnya adalah adanya pemerintahan yang terbuka dan demokratis, sedangkan dampak negatif yang dapat terjadi adalah adanya liberalisme yang memungkinkan adanya perubahan ideologi bangsa.

Dalam aspek ekonomi, dampak positifnya adalah terbukanya pasar internasional sehingga memungkinkan meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara, sedangkan dampak negatifnya adalah hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyak produk luar negeri yang diperjual bebas di Indonesia.

Dalam aspek sosial-budaya, dampak positifnya adalah kita dapat meniru pola pikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan kedisiplinan serta ilmu teknologi dari negara lain, sedangkan dampak negatifnya adalah adanya sikap individualisme yang memunculkan ketidakpedulian antar warga, adanya kesenjangan soial yang tajam antara yang kaya dengan yang miskin, dan dengan kemajuan teknologi banyak anak muda bangsa yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia (Agung Swawidi H, 2010)

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pengertian globalisasi menurut ahli semoga dapat bermanfaat untuk perkembangan dunia ilmiah.